Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Berita Terpopuler

Iklan

Tag Terpopuler

Selangkah Lagi 15 Alumni SMK KAL-1 Bekerja Di Jepang

Selasa, 17 September 2024 | September 17, 2024 WIB Last Updated 2024-09-17T14:47:17Z

Surabaya, (17/09) | Setelah melakukan pembelajaran bahasa Jepang selama 3 bulan (66x) pertemuan, 15 Alumni SMK KAL-1 memiliki kesempatan besar untuk magang di Negara Jepang. Hari ini Selasa(17/09/24) Direktur Utama PT.  YOTSUBA UNIVERSAL INDONESIA (YUI) mengunjungi SMK KAL-1 Surabaya didampingi oleh MR. LA selaku Direktur Agency di Jepang, MR  TEI  Direktur Agency di Jepang dan Didik Siswoyo  Alumni Magang di Jepang.

Kehadiran rombongan dari Negeri Sakura tersebut di terima oleh Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd  di ruang Punthadewa beserta seluruh alumni yang akan segera berangkat ke Jepang serta guru terkait.

Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd kepada awak media menjelaskan bahwa program bahasa Jepang di SMK KAL-1 merupakan peningkatan Bahasa yang include depan program SMK PK Reguler Lanjutan.

Sedangkan kepada para tamunya Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwa sekolahnya merupakan salah satu dari (3) SMK dibawah naungan Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah dengan Ketua Pengurus Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn)  R. Joko Heriyanto, S.E., M.M., CHRMP,  saat ini SMK KAL-1 memiliki 5 jurusan:  (TPM, TKR, TITL, TAV dan T. Logistik), disamping itu SMK KAL-1 juga memiliki tradisi  kehidupan militer (TNI AL) dimana ada beberapa Kepala Sekolah SMK dari luar yang tertarik dan mencoba mengadopsi tradisi  ini.

Sebanyak 15 Alumni SMK KAL-1 TP.2023/2024 terdiri dari  Jurusan :  TPM 11 orang, TKR 1 orang, TITL 2 orang dan Teknik Logistik 1 orang. Mereka ini telah melaksanakan pembelajaran bahasa Jepang selama 3 bulan di SMK KAL-1 yang di pandu oleh Martin hari Poernomo, M.Eng,  Bambang Dwi Prasetyo, S.Pd dan  Esther Jessica, S.Pd.

Disamping belajar bahasa Jepang, para alumni tersebut juga menerima pengetahuan tentang budaya Jepang, Psikotes,  Asesmen Fisik dan  Medical Check Up, mereka telah melalui tahapan ini dan tinggal   ujian sertifikasi N4 yang akan  dilaksanakan  di Denpasar dan Malang 01 Desember 2024.

Setelah dinyatakan  lulus tes bahasa Jepang dan bersertifikasi level N4 dan ujian keahlian mereka  bisa mendaftar ke perusahaan Jepang melalui agency di Indonesia  PT YOTSUBA UNIVERSAL INDONESIA di bidang : Manufactur,  Pengelolaan makanan, Pertanian, Peternakan,  Perikanan dan Perhotelan. Kemudian setelah magang selama 3 tahun di Jepang, mereka bisa melanjutkan bekerja sambil kuliah di Jepang. 

Rombongan  agency PT. YUI  disamping kunjungan ke SMK KAL-1Surabaya  juga melaksanakan kunjungan ke  SMK Raden Rahmat Mojosari, SMKN 3 Surabaya, SMKN 13 Surabaya.

Turut hadir mendampingi rombongan di SMK KAL-1 Waka Sarpras Karno SB, S.Pd., M.Pd ,  Waka Kesiswaan Ria Banowati, S.T, Waka Humas  Soepomo Adi Sucipto,  S.Pd, Bendahara Yanis Ratna Dewi, S.Ak  dan Ketua BKK Leily Novita Ningrum, S.Pd., M.Si.

(yht/dar)

×
Berita Terbaru Update