Notification

×

Kategori Berita

Cari Berita

Berita Terpopuler

Iklan

Tag Terpopuler

Lakukan Terobosan Baru, Kapeng Cabang Jakarta Jadi Guru Tamu Di SMK Hang Tuah 1

Senin, 09 September 2024 | September 09, 2024 WIB Last Updated 2024-09-09T16:14:54Z

Jakarta, (08/09) | Mata Pelajaran Kebaharian merupakan ciri khas di seluruh satuan pendidikan di lingkungan Yayasan Hang Tuah. Mata Pelajaran  Kebaharian adalah mata pelajaran  adalah  yang didalamnya terdapat nilai-nilai kemaritiman yang tujuannya memupuk rasa kepedulian warga negara atau masyarakat atas wilayah kelautan dan batas- batasnya sebagai wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Untuk lebih meningkatkan pemahaman kebaharian tersebut kepada siswa SMK Hang Tuah 1 Jakarta, Ketua Pengurus Cabang Jakarta  Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) Jaka Santosa Adiwardoyo,   S.Sos., M.H selama 3 hari,( 6,9,10 September) 2024 menyempatkan diri untuk menjadi guru tamu di SMK Hang Tuah 1 dengan menyampaikan materi Pengantar Kemaritiman. Materi tersebut merupakan bagian dari mata pelajaran kebaharian yang kesehariannya telah di sampaikan oleh guru kebaharian.

Menjadi guru tamu, bagi  Ketua Pengurus Cabang Jakarta  Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) Jaka Santosa Adiwardoyo,   S.Sos., M.H merupakan kesempatan untuk mendekatkan diri dengan para siswa khususnya di lingkungan Satuan Pendidikan(Satdik) di wilayah yah Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah yang ia pimpin.

Dengan kata lain tujuan menjadi guru tamu adalah untuk menjalin tali silaturhami antara Kapen Cabang Jakarta dengan  para siswa dan guru SMK Hang Tuah 1 Jakarta,  berbagi pengalaman dan praktek baik  Kapeng Cabang Jakarta  kepada para siswa dan gur Kebaharian,  memotivasi belajar siswa dan mengajar guru.

Selama ini banyak yang mengira bahwa seorang Ketua Pengurus Yayasan tugasnya hanya mengurusi sekolah saja, dengan menjadi Guru Tamu  bagi seorang Kapeng, tentunya menjadikan wacana baru dan lebih dekat dengan siswa di sekolah.

Materi Kemaritiman yang di sampaikan kepada siswa kelas XII di SMK Hang Tuah 1 Jakarta, secara bertahap dari kelas ke kelas merupakan harapan lebih mengenal pengetahuan kebaharian.

Dari pengenalan CV Ketua Pengurus Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah  yang berlatar belakang seorang Pamen TNI AL, para siswa mulai terpikat untuk lebih kenal secara dekat. Seluruh Kelas XII jurusan  Desain Komunikasi Visual (DKV), Rekayasa Perangkat Lunak (AKL), Manajemen Perkantoran,  Akuntansi Keuangan Lembaga (AKL) dan Bisnis Ritel merasa memiliki pemimpin yang memperhatikannya.

Selama berlangsung pembelajaran, materi yang di sampaikan oleh Kapeng dengan mudah diterima siswa, komunikasi dua arahpun berjalan dengan baik. Banyak siswa yang melakukan pertanyaan . Bahkan salah satu diantara mereka adalah siswa Satrio kelas XII DKV ingin  menggali pengalaman Kapeng selama dinas di TNI AL.

Kegiatan Kapeng Cabang Jakarta di SMK Hang Tuah 1, disamping menjadi guru tamu,  juga berkesempatan membuka kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Peserta Didik (LDK-PD) TP.2024/2025 yang berlangsung di halaman SMK Hang Tuah 1 Jakarta pekan ini.

Kasatdik SMK Hang Tuah 1Jakarta Bahrudin, S.Pd kepada awak media menjelaskan bahwa kegiatan LDK-PD TP.2024/2025 diikuti oleh siswa kelas X yang telah mengukuti MPLS, sebanyak 93 peserta pria dan 149 peserta wanita. 

Adapun tema LDK-PD TP.2024/2025 adalah :    “Menggali Potensi Kehebatan Peseta didik dalam mengimplementasikan Visi dan Misi SMK Hang Tuah 1 Jakarta”. Harapan di selenggarakannya LDK-PD adalah SMK Hang Tuah 1 Jakarta dapat mencetak kader-kader pemimpin muda yang memiliki jiwa keimanan, ketaqwaan, kedisiplinan, berkarakter dan bertanggung jawab.

Ketua Pengurus Cabang Jakarta  Yayasan Hang Tuah Kolonel (Purn) Jaka Santosa Adiwardoyo,   S.Sos., M.H membuka LDK-PD TP.2024/2025. Dalam sambutan menyampaikan bahwa dalam rangka memperkuat peserta didik kelas X mengenal dan memahami visi misi sekolah, menanamkan nilai-nilai dasar kepemimpinan, melatih kedisiplinan, kemandirian, kolaborasi / gotong royong, membudayakan 5 S (Sapa, Salam, Senyum, Sopan dan Santun) serta 5 R ( Ringkas, Rapih, Resik, Rawat dan Rajin). 

Di tambahkan oleh Kapeng Cabang Jakarta bahwa, tantangan masa depan tidaklah mudah, dibutuhkan pribadi-pribadi yang memiliki akhlak mulia,  bermoral, beretika dan pribadi-pribadi yang memiliki kecakapan 4 K yaitu : Komunikasi, Kolaborasi, Kreatifitas dan bernalar Kritis, sehingga kalian bisa tetap eksis di tengah perkembangan zaman yang begitu pesat.

Turut hadir dalam pembukaan LDK - PD, Pengurus Cabang Jakarta Yayasan Hang Tuah,  Kabiddik  Kolonel (Purn) Dra. Ririn Susilowati, M.M., CHRMP , Kasiopsdik Sumardiyono, S.Pd,  para Waka, guru , narasumber serta seluruh Panitia(yht/dar).

×
Berita Terbaru Update